Friday, September 18, 2015

Kelebihan & kekurangan Mencuci Motor dengan Sabun Sunlight

Musim hujan maupun musim kemarau, sepeda motor pasti selalu harus dicuci. Kalau di musim hujan motor jadi banyak lumpur, sedangkan di musim kemarau biasanya banyak debu yang menempel. Buat biker yang peduli terdapat kuda besi kesayangannya, pasti tidak akan membiarkan tunggangannya kotor dan dekil, sehingga berinisiatif untuk mencucinya. Bagi rider yang aktivitasnya padat alias sibuk, membawa motor ke tukang cuci adalah solusinya dan bagi yang memiliki waktu luang, biasanya memilih untuk mencuci sendiri. Seperti acr yang kemarin mencuci si moni sendiri karena udah dekil, debu sudah tebal dan kena ujan rintik-rintik. Jadinya ya loreng kayak macan tutul. wkkwkw. Kurangnya persiapan acr saat mencuci motor kemarin lusa adalah lupa membeli shampo khusus motor, karena males untuk pergi ke warung, akhirnya acr menggunakan sabun cuci piring Sunlight sebagai penggantinya. 

Proses mencuci tidak ada bedanya dibandingkan menggunakan shampo motor maupun shampo rambut, hanya saja lebih licin sedikit. Noda-noda bekas oli terangkat semua dan motor jadi keset. Setelah proses mencuci dan bilas selesai, motor terlihat kinclong dan mengkilap tanpa harus menggunakan poles lagi. Namun masalah muncul setelah motor kering, saking kuat mengangkat noda minyak, pelumas rantai sampai terangkat semua dan muncul karat-karat kecil. Karena hari sudah menjelang malam, acr putuskan untuk melumasi moni keesokan harinya saja. 



Disini acr bisa menarik kesimpulan, bahwa mencuci sepeda motor menggunakan sabun cuci piring sunlight memiliki kekurangan dan kelebihan.
Kelebihan :
  1. Motor menjadi mengkilap tanpa harus menggunakan poles.
  2. Noda sisa oli yang terdapat di beberapa bagian motor mudah terangkat.
  3. Kalau masih ada sisa sunlight bisa dipakai cuci piring. wkwkwkw
Kekurangan :
  1. Saking kuatnya mengangkat noda minyak, pelumas rantai jadi rontok semua, sehingga ketika motor sudah kering, rantai akan muncul karat dan harus dilumasi kembali.
Sekian dari acr, terimakasih.













5 comments:

  1. salam kenal gan.. Thanks yah atas Link Share nya gan. !!!

    ReplyDelete
  2. Tapi menurut yg ane baca di blog Iwan Banaran, hal tsb adalah sesat.
    Karena memang bukan peruntukannya.
    Disana dijelaskan, cat motor itu terdiri atas beberapa lapisan.
    Memang ketika mencuci motor pakai sabun piring motor akan lebih kinclong. Tapi efek jangka panjangnya, lapisan terluar cat akan ikut terangkat.
    Ada kandungan-kandungan tertentu dari shampo motor yang tidak dimiliki oleh sabun piring

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terserah omnya mau percaya yg mana, mau ngikutin iwb monggo, mau ngikutin blog ini monggo.. saya sharing atas pengalaman sendiri, bukan dari kata orang/ahli.. bisa diliat di fans page iwb d fb, ratusan komentar dari orang2 malah bilang kalo pengalaman mereka pake sunlight buat cuci motor tidak ditemukan cat body luntur. Malah banyak yg ngeluh pake shampo khusus motot yg bikin motor belang/kusem. Saya sebelumnya pake vixion dari 2009-2014 tiap mingu nyuci pake sanlet. Gak ada tuh pudar2 kayak dibilang sama para ahli, apalagi cat sampe terangkat, mungkin itu nyucinya pake cutter kali ya. Wkkwkw

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...