Saturday, December 17, 2016

Knalpot Motor Berasap Saat Dipanasi di Pagi Hari? Jangan Panik Dulu Bro...

Kejadian ini baru acr alami beberapa hari lalu, disaat acr hendak berangkat kerja. Keluarin motor dari garasi, stater trus acr tinggal ke dalem untuk mengambil helem, pas balik ke motor kok ada asep putih tipis? acr pun sempat syok dan panik karena dari berbagai sumber yang acr pernah baca, keluarnya asap putih dari knalpot motor 4 tak yaitu karena oli masuk ke ruang bakar yang bisa disebabkan oleh klep bocor, ring piston aus, atau piston sudah oblak. Jiiaann!!! motor baru setahunan masak udah kena penyakit begini, padahal acr rajin service si moni secara rutin, ganti oli teratur pake motul 5100 dan bbm selalu pertamax. 

gambar hanya pemanis
Acr coba geber-geber, sampai rpm 6000 namun asap masih keluar.Acr udah mumet! "kayaknya emang bermasalah ni motor!" dalam benak acr. Walaupun masih garansi, tetep mumet, karena masalahnya menyangkut mesin. Setelah sekian saat berpikir, acr beranikan mengendari si moni dari rumah ke tempat kerja yang jaraknya kurang lebih 5km dari rumah. Saat dikendarai tidak terasa ada lost power,  tarikan pun masih terasa normal. Berbeda dengan motor yang memiliki masalah seperti yang acr tulis diatas, pasti tarikan akan terasa kurang optimal. 

Sesampainya di tempat kerja, acr perhatikan knalpot. "Loh kok udah gak ada asep?" lalu cek bagian lubang knalpot dan memeriksa dengan jari "loh, kok gaada basahan oli?". Kalau oli masuk ke ruang bakar pasti di lubang knalpot basah karena oli, tapi ini tidak ada! Masak iya motor bisa sembuh sendiri. wkkwkwkw.

Acr pun lalu mencoba mencari solusi di google, namun tidak membuahkan hasil. Tidak kehabisan akal, acr coba cari informasi dari group berbagai jenis motor sport yang ada di Facebook. Melalui textbox pencarian, acr mengetik kata kunci "asap" lalu muncullah semua postingan yang memiliki kata "Asap". Acr coba cek satu-satu ternyata? Gak cuma acr yang mengalami ini, tapi banyak! setelah membaca komentar demi komentar, ini dikarenakan oleh embun yang terdapat pada bagian pipa dalam knalpot menguap, sehingga menumpulkan asap tipis ketika pertama dinyalakan. Bagaimana tidak, selaman acr mencuci si moni yang habis kehujanan, namun tidak sempat untuk menyalakan mesin, malah tak tinggal molor masbro.. kwkwkw.. terlebih lagi saat pagi hari cuaca terbilang dingin, karena semalam habis hujan deras. 

Moni
Last, acr dapat simpulkan, bahwa masalah yang acr alami saat itu ternyata sepele.. cuma embun masbro.. hadeuuh,, sampe panik kirain mesin bermasalah. berbeda jika asap putih terus keluar dari knalpot disertai lubang knalpot becek lumeran oli, itu sudah pasti ada yang salah pada bagian mesin, karena oli ikut tercampur pada ruang bakar. Biasanya ini terjadi karena jarang ganti oli, akibatnya volume oli berkurang, dan tidak mampu melumasi semua bagian mesin, sehingga terjadinya gesekan antar komponen yang lama-kelamaan membuat mesin menjadi rusak. Atau bisa juga oli yang digunakan tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik. So, jangan telat ganti oli! oli ibarat darah pada tubuh manusia, jika kurang darah, pasti gampang sempoyingan, kalau sudah parah (anemia) bahkan bisa menyebabkan kematian!. Baik, sekian dari acr. :)

6 comments:

  1. Makasih gan.. Inponya bermanfaat banget.. Karna saya mengalami apa yang agan alami.. Sepet panik juga sih.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan, berbagi pengalaman itu indah

      Delete
  2. punya saya juga gitu, tapi matic dan 2 hari yang lalu saya cuci tuh motor... beneran gapapa?

    ReplyDelete
  3. Motor ane juga gitu gan keluar asap pas di Panasin di puncak,smlm ujan cuaca dingin trus pagi di Panasin di geber kok keluar asap ya, apa gapapa ini? Motor baru 6bulan padahal.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih gan infonya bermanfaat hilang panik ane

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...