Wednesday, July 9, 2014

Kode Error 46 Muncul, Belum Tentu Ada yang Rusak, Bisa Saja Aki Tekor


Seminggu yang lalu saat ACR berangkat kerja, jalanan memang cukup macet, sehingga mesin si Blacky jadi panas. Saat memulai perjalanan memang tidak ada masalah sama sekali, namun saat 15 menit bermacet-macetan, kok si Blacky jalannya endut-endutan, kayak kehabisan bensin. ACR pun tetap melanjutkan perjalanan. Gak berselang lama, motor kembali endut-endutan gak karuan, gas putus-putus. ACR lihat ke arah speedometer ternyata lampu indikator kuning pada vixion berkelip. Terbesit sebuah pikiran di kepala ACR "wah, lampu kuning nyala, berarti ada yg error/rusak ini" ACR pun tetap melanjutkan perjalanan dengan sangat pelan-pelan (dibawah 20kpj) sehingga motor gak endut-endutan lagi.

Sesampainya di tempat kerja, ACR mengecek si Blacky, mengecek semua socket di bawah jok. Karena masih tetap error, akhirnya ACR menghubungi beberapa petinggi vixion, hahaha. Dan salah satu dari beliau berkata "coba hitung jumlah kedipannya, karena setiap kedipan ada maknanya" ACR pun kembali ke parkiran dan menghitung jumlah kedipan lampu indikator. Ternyata kedipan tersebut terhitung 4 kali kedipan 1 detik dan 6 kali kedipan 0,5 detik. Karena ACR gak hafal tabel indikator error pada vixion. Akhirnya ACR browsing di Internet, dan ternyata? "Aliran listrik ke sistem FI tidak normal". Ini sempat membuat ACR putus asa karena berpikir "kenapa harus FInya yg bermasalah? kalo FI-nya rusak gimana? kan mahal tu.!". ACR hanya berusaha untuk menangkan diri agar tidak panik. Karena motor tidak memungkinkan untuk dipakai, akhirnya ACR meminjam motor teman untuk dibawa pulang dan besok paginya bisa dibawa ke beres terdekat. 


Tabel Kerusakan pada Yamaha Vixion


Keesokan harinya, saat kunci kontak si Blacky diputar ke posisi ON, kedipan masih tetap ada, namun saat distater dan mesin menyala, kedipan gak muncul. "weeh ada apa iini?". ACR pun meminta bantuan teman untuk membuntuti dari belakang, jikalau terjadi apa-apa, bisa bantu dorong. Hehehe. Sesampainya di beres, bengkel masih sepi. Yaiyalah, bengkel belum buka, secara ACR sampai di bengkel pukul 07.30, sedangkan bengkel buka pukul 08.00. Daripada bengong, mending ACR ke pos satpam dan ngobrol sama satpam disana, wkwkwkwk. Akhirnya bengkel pun buka dan ACR mendapat nomor antrian pertama. ACR langsung ke konter untuk konsultasi. "Selamat pagi dik, mau servis?" salam pembuka Costumer Service disana. ACR menjawab "Enggak mas, ini motornya, indikator kuningnya sering menyala" Setelah basa basi konsultasi akhirnya motorpun di cek. Si Blacky dikerumunin oleh beberapa mekanik disana, entah apa maksudnya, kepo kali, hahahaha. Awalnya mekanik tidak menemukan gejala tersebut, namun salah satu mekanik disana (kayaknya mekanik senior, soalnya pakaiannya beda) mengetes motor ACR di jalan raya, san sepertinya mekanik tersebut menemukan gejala tersebut.

Si Blacky pun dioperasi bertujuan untuk mencari kerusakan yang terjadi, sambil menunggu di Blacky dioperasi, ACR pun main-main ke bagian CBU untuk melihat koleksi mogeh yang dijual di FSS Yamaha Ini. Dan ngobrol dengan kepala marketing di sini yang sudah ACR kenal. Berikut ini adalah beberapa moge yang ACR jepret, ada R1, R6, T-Max, sementara V-Max ACR lihat masih berada di tempat penyumpanan. Berikut adalah beberapa moge yang ACR jepret.













Gak lupa R15 pun ACR foto




Setelah 2 jam menunggu, akhirnya nomor urut ACR dipanggil, saat diterangkan, ternyata aki di Blacy sudah lemah, dan tadi cuma distrum saja. "Jika masih timbul kerusakan yang serupa, silahkan bawa kemari lagi" Yaiyalah tak bawa kemari, masak dibawa ke warteg, wkwkwkwk. Lega dalam hati, karena si Blacky tidak mengalami kerusakan yang berarti, cuma aki tekor, itu saja. ACR pun pulang dengan membayar 35 ribu saja. Sekian yang ACR bagikan, oiya, tabel kerusakan ini juga berlaku untuk NVL ataupun R15, karena memiliki basis yang sama. Kalo R- yang lain, ACR belum tau, hehehe. Semoga bermanfaat, terimakasih.


5 comments:

  1. Wah mantap gan..saya juga alami hal yang sama..thanks bngt sudah bervagi info..

    ReplyDelete
  2. Tapi gan klo misalkan lampu indikatornya ga nyala,, trs ngelose gt ga bisa stater sama klakson.. Padahal aki masih baru,
    Sekering aki jg msh bagus.. Itu kira" knp y

    ReplyDelete
  3. Tapi gan klo misalkan lampu indikatornya ga nyala,, trs ngelose gt ga bisa stater sama klakson.. Padahal aki masih baru,
    Sekering aki jg msh bagus.. Itu kira" knp y

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...