Saturday, October 3, 2015

Pasang Velg Lebar V-Rossi Model R25 Pada Yamaha R15, Makin Kekar!


Pagi sahabat acr, setelah beberapa hari baru hari ini dapat kesempatan buat nulis lagi, maklum kesibukkan mahasiswa plus kerja. Jadi hampir gak ada waktu luang buat nulis, bisa istirahat 1 jam + tidur 8 jam aja udah syukur wkkwkwkw (malah curhat). Hari ini acr akan membahas mengenai pemasangan velg lebar model Yamaha R25 pada Yamaha R15 milik acr. 


Karena acr merasa kaki-kaki Yamaha R15 terlihat cungkring, acr berinisiatif untuk meng-upgradenya. Setelah beberapa hari searching di internet mengenai velg lebar yang khusus untuk R15, acr pun putuskan untuk memilih velg V-Rossi. Sebenarnya banyak yang bisa diaplikasikan selain velg ini, misalnya Chemco, Axio dan Power, namun velg-velg tersebut khusus untuk New Vixion, jadi butuh ubahan pada as roda depan dan piringan cakramnya. Velg V-Rossi yang acr beli ini memang sudah dikhususkan untuk Yamaha R15 jadi pemasangannya pun PnP sama sekali tidak ada ubahan. Velg ini memiliki harga pasaran 1.1-1.5 juta, tergantung si penjualnya.

Dimulai dari kemarin siang sampai sore mulai berburu velg ini di seputaran Kota Denpasar, satu demi satu bengkel variasi acr tanya, namun jawaban mereka "kosong, bro" tak berhenti sampai disitu, acr pun teringat dengan salah satu bengkel variasi yang cukup memiliki nama besar di kota Denpasar. Ksatria Bintang Motor atau biasa disebut KBM, bengkel variasi yang terletak di Jl. Gunung Sanghyang sebelah barat Polresta Denpasar. Sampai di bengkel tersebut acr langsung menanyakan stok dan harga velg model V-Rossi, stok tersedia dan acr menebus velg tersebut seharga 1.350.000 rupiah plus pasang. Termasuk mahal/murah? sepertinya itu harga normal hehehe. Si penjual menanyakan acr ingin velg warna apa, acr pun menjawab "yang gold ada?" karena stok yang gold kosong, akhirnya warna hitam pun jadi pilihan kedua dan acr pun mengiyakan. Motor pun di paddock dan siap untuk proses pemasangan.

Proses Pemasangan
Konon kata orang velg ini berat, tapi setelah acr bandingkan beratnya dengan velg ori, ternyata tidak terlalu beda jauh kok. Karena budget yang pas-pasan, acr masih menggunakan ban ori Yamaha R15 pada velg ini, nunggu gajian lagi baru upgrade ke 150/60 dan 110/70 hehehe. Di bengkel ini acr pun dapat minum t*h b***l gratis, lumayan bisa ngilangin haus dan stress setelah muter-muter nyari velg. Proses pemasangannya pun terbilang cepat, dari proses bongkar sampai pasang terhitung sekitar 40 menit saja. Dan terpasanglah velg V-Rossi Model R25 ukuran 2.5" & 4.5" pada R15 acr.


Pemasangan Selesai
Tampak Belakang

Ban ukuran 130/70 jadi terlihat lebih lebar setelah diaplikasikan pada velg berurukan 4.5", untung bentuknya tidak jadi rata kayak triplek. Masih terlihat membulat. Kini R15 acr terlihat lebih berisi dan kekar, tidak cungkring lagi. Apalagi nanti diganti dengan yang berukuran 150/60 pasti lebih kekar lagi dah. wkkwkwkw.

Velg ini juga sudah disediakan adapter untuk double disc dibagian depan, hanya saja acr belum memasangnya, karena harus ganti bottom kiri, beli disc, kaliper dan selang rem. Wadaw. 

Dudukan Disc Depan
Namun sedikit hal yang membuat acr kecewa adalah finishing pada bagian dudukan disc depan maupun belakang kurang rapi. Bagian tersebut seperti sengaja tidak dicat, sehingga warna asli dari aluminium ini terlihat. Mungkin nanti saat acr repaint velg ini masalah tersebut bisa disiasati. 

Dudukan Disc Belakang
Setelah perjalanan dari bengkel ke rumah, tarikkan motor tidak terlalu terasa berat, malah hampir sama seperti menggunakan velg original. Overall menurut acr velg ini memiliki desain yang keren, harga yang cukup terjangkau dan bobot yang tidak terlalu jauh berbeda dari velg origina, hanya saja finishing pada bagian dudukan disc sedikit kurang rapih. Sekian dari acr.

6 comments:

  1. Harg segitu udah satu set pa bijian boss. #ijin tanya

    ReplyDelete
  2. Lagi nyari aksesoris motor keren, klik disini.
    info lengkap klik --> http://sound-booster-motor.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  3. Itu Rp.1.350.000 dpt dpn blkang kah??
    Trus klo pasang ban blkang,brp ukuran maksimalx agar gak mentok sma velg.??
    Mksh bli

    ReplyDelete
    Replies
    1. depan belakang alias sepasang bro..
      belakang pake ban 150/60.. gan mentok, cuma dibaut gearnya ganjel ring masing2 2 biji.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...