Sunday, June 8, 2014

Penggunaan Tachometer Pada Matic, Perlukah?

Seperti yang kita tahu, semua motor-motor sport sudah menggunakan tachometer atau penunjuk RPM pada masing-masing dashboard. Ini memudahkan rider untuk perpindahan gigi pada wakt yang terpatu atau bisa disebut perfect shifting. Perfect shifting dilakukan untuk menstabilkan power pada saat motor digeber terus-terusan. Misalnya saat ajang balap atau mencari top speed. Sehingga power tidak drop, karena gear dipindahkan pada RPM yang tepat. Namun jika tachometer ini dipasang pada sepeda motor matic, apa fungsinya? Kan gak ngoper gigi. Selain untuk menunjukan RPM palingan cuma buat gaya-gayaan saja.

Speedometer dan Tachometer pada matic
Walaaa
ACR memotret salah satu motor yang terparkir di depan tempat kerja ACR. Sebuah sepeda motor matic dipasangi tachometer, bahkan speedometer variasi juga. Lah? Udah ada speedometer kok masang speedometer lagi? gak perlu ngoper gigi kok malah masang takometer? Seperti yang ACR bilang, palingan cuma buat gaya-gayaan. Ini dia fotonya :
More Speedometer, More Speed

Menurut ACR pemasangan aksesoris seperti ini sepertinya mubazir. Kenapa demikian? yaitu, karena udah ada speedometer, masang speedometer lagi, gak perlu masang tachometer lagi. Hehe.. Namanya juga modifikasi kan suka-suka orangnya, ya toh? Sekian dari ACR.

1 comment:

  1. gk perlu gan,,, palingan buat setting idle/langsam,, dan lebih bijak pake tachometer external yg dipake saat dibutuhkan saja,,,


    Indikator yg ane pasang di vario 125 fi ane cuma jam dan volt meter, maklum udh pake hid proji, klakson keong, dan part kelistrikan lainnya,,, sempat pengen pasang tachometer tapi yg dijual di toko aksesoris itu untuk motor karbu, kalo dipasang di motor injeksi bakalan ngaco rpm nya,,, sedangkan tachometer untuk injeksi saat ini masih mahal, diatas 1jt,,,

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...