Wednesday, June 4, 2014

Rekomendasi Modifikasi Vixion Full Bodykit

Artikel ini khusus ACR buat untuk para sahabat ACR yang memiliki tunggangan Yamaha Vixion, baik Old Vixion maupun New Vixion Lightning yang bosan dengan tampilan yang itu-itu saja dan ingin tampil beda daripada yang lainnya. Salah satu pilihan adalah menggunakan custom bodykit. Ada dua pilihan, mau yang murah atau yang mahal. yang pasti memiliki kelebihan masing-masing. Mau dimulai dari yang mana nih? yang murah aja ya. Untuk yang pilihan mahal atau yang more, ACR bahas di artikel selanjutnya. heheBuat para vixioners yang ingin menggunakan bodykit namun dengan kantong yang dangkal atau mungkin ingin merubah dengan biaya yang minim, ACR bisa beri rekomendasi jenis part berikut harga-harganya. Untuk full bodykit, part atau komponen yang perlu dibeli adalah : Fairing, body belakang, cover tangki dan stang jepit. Umumnya bahan yang digunakan adalah fiberglass atau serat kaca, namun ada juga yang menggunakan plastik. Part yang ACR bahas adalah part yang dijual dibengkel-bengkel variasi pinggir jalan dan untuk yang bodywork ACR bahas di artikel selanjutnya. Mari kita bahas satu-persatu.
  1. Fairing, banyak model fairing yang tersedia di pasaran, mulai dari R125, R15, R6, R1, M1, Ninja 250 dan model lainnya. Harga tergantung kita ingin memilih yang mana mulai dari 700rb hingga 2 juta dan 5 jutaan untuk model R15 asli. Beberapa diantara fairing ini, merupakan fairing import dari Thailand. Untuk fairing model R6 ada yang model lebar dan ramping. ACR sendiri menggunakan model R6, namun dengan dimensi yang ramping, agar mudah selap-slip di kemacetan. Berikut adalah contoh fairing yang ACR maksud.

    Fairing R6 ramping

    Fairing MODEL R15


    Fairing model r125

  2.  Body belakang, atau juga bisa dibilang split seat, jok tingkat, body moge, buntut, tergantung orangnya juga sih :D. Yang tersedia di pasaran, R6, R125, Ducati, R15, dan M1. Kisaran harganya antara 650rb hingga 1.5 juta rupiah. ACR mengaplikasikan model R6. Yaiyalah wong si Blacky konsepnya emang R6 :D. Namun gak semua body custom ini jok belakangnya bisa dibuka (untuk gantungan helm) termasuk milik ACR. Namun semua ini gak masalah menurut ACR, karena sudah diganti oleh body custom yang sexy. Berikut contoh-contohnya

    Body Model R6

  3. Cover tangki, sebenarnya ini opsional, mau pasang boleh mau enggak masang juga boleh. Fungsi cover tangki adalah sebagai pelindung tangki dari goresan dan juga untuk menambah kesan kekar pada tunggangan kita. Model cover tangki yang tersedia antara lain R6, R125 dan model custom lainnya. Harganya murah kok kisaran 250rb - 800rb.

    Cover Tangki
  4. Stang jepit, naaah... Kalo ini ACR wajibkan, mengapa demikian? Karena penggunaan full fairing namun stang masih standar, tunggangan sahabat ACR akan terlihat aneh dan gak sporty. Beda dengan vixioners yang dimodifikasi minimalis atau touring, pake stang apa aja gak masalah. Stang jepit ada bermacam-macam modelnya. Namun ACR sarankan pilih sesuai kebutuhan. Kalao sahabat ACR sering berpergian jauh, membawa tas dengan beban berat, ataupun tidak bisa membungkuk terlalu lama, ACR sarankan menggunakan stang jepit yang memiliki pangkon atau segitiga atas tambahan, sehingga posisi duduk tidak terlalu bungkuk atau bahkan tegak (tergantung setelan) sehingga rasa pegal pada punggung, pundak atau tangan bisa dihindari. Kalau yang suka ngebut, gaya-gayaan atau yang lainnya, bisa menggunakan stang jepit model drag atau yang langsung ditemplokan di shockbreaker depan, atau kalo mau lebih racy bisa dipasang dibawah segitiga atau istilahnya underyoke. Keputusan ada di tangan sahabat ACR. hehe

Stang jepit HKS with Pangkon

Stang jepit Nui

ACR ucapkan terimakasih pada pemilik foto-foto yang ACR pajang diatas, karena ACR hanya ingin membantu para sahabat ACR yang ngebet ngubah tunggangannya agar semakin sporty. Jika belum puas dengan modifikasi diatas, bisa lanjut ke artikel selanjutnya. Dimana part yang diganti lebih banyak sehingga tunggangan semakin terlihat keren. Artikel tersebut bisa dilihat di sini, di sini dan juga di sini. Yang mana aja sama saja kok. hehe. Sekian dari ACR semoga membantu.

15 comments:

  1. brow lo cuma fairing r6 bagian depan bahan fiber atau plastik brapa brow?thank sebelume infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir semua yang dijual di toko2 variasi pake fiber, tapi ada juga yang pake plastik. tapi biasanya yang pake plastik bentuknya kaku.

      Delete
  2. kalo harga fairing r6/r12 sekitar berapa y brow

    ReplyDelete
    Replies
    1. R6 kayaknya udah gak keluar lagi.. jadi jarang yg jual. dlu sy beli 850rb, klo skarang sejutaan kayaknya,
      R12? R15 gk bro? kalo R15 sejutaan yg di toko variasi.

      Delete
  3. Gan buat old vixion,Kalau make BodyKit full fairing M1 Brpa ya Gan Harganya?

    ReplyDelete
  4. Gan buat old vixion,Kalau make BodyKit full fairing M1 Brpa ya Gan Harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo M1 kayaknya harus rombak bawak ek bengkel custom. gatau dah berapa. kisaran 5-10 juta deh kayaknya

      Delete
  5. bro kalo motor vixion 2011, ane jadi versi r6, kira kira budget abis berapa?

    ReplyDelete
  6. Kalo nvl ane asal body full fairing aja paling murah berapaan yak gan?

    ReplyDelete
  7. Kalo nvl ane asal body full fairing aja paling murah berapaan yak gan?

    ReplyDelete
  8. Kalo kita make fairing full , kira kira bakal kena tilang apa kaga ya gan?

    ReplyDelete
  9. Saya punya budget 2 juta an , itu buat beli apa aja ya yang enak?

    ReplyDelete
  10. Itu fairing depan brapa dan daerah mna

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...