Wednesday, August 27, 2014

Minerva Megelli 250RV vs Yamaha R25 vs Kawasaki Ninja 250Fi

Sahabat ACR, kalo ini ACR ingin membahas kelebihan dan kekurangan motor kelas 250cc yang ACR taksir, antara lain motor produsen UK yang dirakit di Taiwan dengan campur tangan China, yaitu Minerva Megelli 250RV, kedua adalah motor sport baru yang dijuluki "baby M1" yaitu Yamaha YZF-R25 dan ketiga, penguasa motor kelas 250cc di Indonesia, yaitu Kawasaki Ninja 250Fi. Kenapa CBR 250R gak masuk dalam pembahasan kali ini? karena ACR gak terlalu suka dengan desain sport 250cc dari pabrikan Honda tersebut.

Langsung kita bahas, yang pertama adalah Minerva Megelli 250RV
Siapa yang tidak tertarik dengan desain aduhai dari Megelli ini? Motor ini seakan tidak ada duanya dalam kelasnya, namun sayang aftersales dan kualitas motor ini masih abu-abu.
Berikut pembahasannya :
kelemahan :
  1. Gear stater rombal
    Penyakit ini sering muncul pada Megelli baik gen1 dan gen2, kerusakan yang terjadi di dalam blok mesin, yang ketika distater, terdengar suara berputar dalam namun mesin tidak menyala.
  2. Selang radiator bocor
    Pernah membaca artikel dari blog kondang TMC.? saat megelli gen2 di test di sentul, tiba2 motor ngowos tanda kepanasan. Setelah dicek ternyata selang radiatornya bocor. Namun jika as pompa sudah aus, bisa diakali dengan perseneling Honda Grand, yang diameter dalam lebih kecil, sehingga mendekap lebih kuat.
  3. Rem belakang bunyi
    Ini terjadi karena kualitas cakram pada Megelli kurang bagus, bisa juga karena dudukan kaliper tidak pas. Bisa diatasi dengan mengganti piringan cakram dengan kualitas yang lebih baik.
  4. Sparepart langka
    Tidak hanya megelli, bahkan untuk semua varian Minerva, sparepart sangat sulit ditemukan dan harus indent. Ini dikarenakan Minerva merupakan merk yang masih berkembang dan merangkak untuk bisa bersaing di pasar motor di Indonesia.
  5. Posisi membungkuk
    Sebenarnya ini bukan kekurangan, melainkan konsekwensi menggunakan motor sport. bagaimana tidak, posisi stang underyoke membuat rider harus membungkuk saat mengendarainya.
  6. Harga jual kembali yang jatuh
    Seperti yang ACR katakan tadi, Minerva merupakan merk yang masih berkembang. Makanya harga jual kembali jauh dari harga baru.
kelebihan :
  1. Desain paling cakep di kelasnya
    Desain Megelli memang paling cakep dan keren di kelasnya, desain khas eropa yang tidak bisa menyaingi desain motor asia.
  2. Speedometer RX2-N
    Speedometer RX2-N merupakan speedometer racing yang diklaim memiliki pencatat kecepatan yang sangat akurat, selain itu pada speedometer ini juga terdapat top speed record yang mencatat kecepatan maksimum yang pernah kita coba. Sehingga gak perlu ngotot liat ke speedometer untuk liat top speed.
  3. Suspensi upside down
    Suspensi model ini sangat mndongkrak tampilan, selain itu juga meningkatkan stabilitan pada kecepatan tinggi, karena subtitusi berat dibawa keatas.
  4. Knalpot undertail
    Knalpot undertail atau kenalpot kolong berada dibawah jok boncenger, sehingga terlihat seperti moge. Namun lama-kelamaan pantat boncenger bakalan kepanasan tuh.
  5. Harga paling bersahabat
    Harga Megelli 250RV terbilang paling murah di kelasnya, harga baru di kisaran 38jutaan, harga bekasnya pun jauh lebih bersahabat. Hehehe

Yang kedua adalah, Yamaha YZF-R25, motor sport yang baru beberapa bulan lahir di tanah air ini juga membuat ACR tertarik.

Mari kita bahas satu per-satu :
kelemahan :
  1. Indent lama
    Proses indent yang lama membuat konsumen resah, bahkan ada yang mengatakan pihak Yamaha ada yang meminta pungutan dana tabahan. Seperti sang kakak (R15) R25 membutuhkan waktu 1-2 bulan agar sampai ke tangan konsumen.
  2. Rumornya gearbox bermasalah
    Dari rumor yang ACR dengar, konon gearbox R25 ini bermasalah, tapi entah masalah apa. ACR belum tahu pasti.
kelebihan :
  1. Headlampnya keren, seperti Ducati Panigale & CBR 600RR 2013
    Posisi headlamp yang mirip predator head ini adalah bagian yang paling ACR suka dari R25. Kesannya garang dan tegas.
  2. Power paling besar di kelasnya
    Yamaha mengklaim power Yamaha R25 sebesar 36PS, ini paling besar diantara semua motor pabirkan 250cc yang dijual di tanah air.
  3. Saat ACR test ride, gigi 1 tembus 60km/jam
    Saat ACR tst ride Yamaha R25 milik teman ACR, ACR iseng betot, gigi 1 tembus 60km/jam. wow.! trus acr betot gigi 2 dapet 90km/jam.! ACR lanjut terus dapet 150++ entah gear berapa, udah ngeri banget. hahaha  
  4. Suara merdu 2 silinder
    R25 menurut ACR memiliki suara paling merdu diantara 250cc lainnya


Dan yang terakhir adalah Kawasaki Ninja 250FI.



Sepeda motor kelas 250cc yang paling fenomenal ini adalah salah satu motor sport yang ACR suka, apa sajakah yang dimiliki motor ini? simak dibawah ini :
kelemahan :
  1. Shock depan/belakang bocor
    Hal yang sering terjadi pada kuda besi ini, shock bocor sangat mengganggu saaat berkendara, terutama saat melewati jalanan yang memiliki permukaan yang tidak rata. mau tidak mau harus mengganti sil/karet shock tersebut.
  2. Sein gampang mati
    Ini juga sering baca di forum, banyak yang mengeluhkan lampu sein gampang mati/putus.
  3. Speedometer ngembun
    Speedometer mengembun juga banyak dijumpai pada Ninja 250Fi, banyak rider yang mengeluhkan speedometer mengembun ketika motor dicuci atau sehabis berhujan-hujanan.
  4. Fairing meleleh
    Tidak sedikit yang mengklaim fairing bawah, di dekat blok mesin gampang meleleh akibat suhu panas dari mesin. Namun ini bisa diakali dengan memasang aluminium foil pada bagian dalam fairing.
  5. Sparepart paling mahal
    Diantara motor jepang lainnya, Kawasaki merupakan produsen speda motor yang memiliki harga sparepart lebih mahal. Mau tidak mau harus berani mengocek kantong dalam untuk merawat sepeda motor ini.
kelebihan
  1. Desainnya yang moge look
    Kawasaki Ninja 250Fi memiliki desain yang menyerupai kakaknya, yaitu ZX-10R. Lekukan serba tajam dan dimensi yang cukup besar menjadikan motor ini terlihat seperti moge beneran.
  2. Suara merdu 2 silinder
    Layaknya R25, Ninja 250Fi juga memiliki suara merdu khas 2 silinder paralel.
  3. Part modifikasi banyak tersedia
    Diantara ketiga motor ini, Ninja 250fi yang yang memiliki part modifikasi yang paling banyak, selain karena penggunanya yang sudah menjamur, motor ini juga mudah dimodifikasi.
Sekian yang ACR bisa sampaikan, semoga bermanfaat. :)


8 comments:

  1. bro. ane sebenernya naksir bgt sama 250 RV, cuman ragu bgt hati ane deh.. apa mending ane ambill R25.. worth it ga seh 30 juta buat minerva ntu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau ambil Megelli harus siap mental bro, soalnya emang ni motor agak rewel.. beli minerva kayak milih lotre, kadang beruntung kadang juga enggak. Begitu kata orang2 di group megelli indonesia. Kalau sudah siap lahir bathin, ambil megelli aja bro. tapi kalo ragu ya mending jangan aja, daripada nyesel.
      dulu saya juga kepincut ama Megelli, tapi akhirnya pilih r15 aja, soalnya kalo knapa2 banyak bengkel yang tersebar di indonesia dan juga sudah terbukti ketangguhan mesinnya.
      kurang lebih demikian.

      Delete
  2. Izin share produk poles serbaguna bisa juga untuk pengkilap motor ramah lingkungan yang telah mengandung UV Protection menjaga motor dari sengatan sinar matahari. Menjadikan warna motor lebih awet dan tahan lama.

    Info selengkapnya : www.biopolish.com

    ReplyDelete
  3. Trimakasih bos.. Sangat bermanfaat buat pemula.cbr kog gk di masukin???

    ReplyDelete
  4. Mohon infox rekan2 sekalian,yg tau persamaan dinamo stater minerva megeli 250r,kalau di kanibal cocokx pake dianmo stater apa,motor saya sdh 2 thn nganggur gara2 dinamo rusak total.makasih sekiranya gk kberatan buat balas pesan saya .salam ( 082194690266 ) alan .sulwesi tenggara

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...