Thursday, August 13, 2015

Review Oli Shell Advance Ultra 10w40 pada Yamaha YZF-R15

Odometer pada Moni milik acr sudah menunjukkan 3000km, oli terakhir diganti saat service gratis pertama kurang lebih pada km 800an. Karena service gratis kedua sampai keempat tidak mendapatkan oli gratis, acr pun memutuskan untuk membeli oli  brand luar, sekalian membandingkan peforma pada motor yang sebelumnya menggunakan oli bawaan dealer ketika acr bawa pulang kampung, baru 40km peforma sudah drop. Tanpa basa-basi langsung saja acr bbm bengkel specialis motor sport dan moge langganan yaitu Aura Racing Motosport milik teman acr. Acr diberi rekomendasi Amsoil dan shell ultra, acr tanya lagi yang mana diantara kedua itu yang lebih bagus, dan Shell Ultra lah yang lebih bagus.

Sore hari sepulang kerja acr langsung berangkat ke bengkel dan untung belum tutup, hehe. Acr dongkrak motor dan menghampiri bro Dona, (parter kerja dari pemilik bengkel ini) memintanya untuk mengganti oli motor acr. Setelah mesin dingin, baut tutup oli pun dibuka, cuuuurr.. oli hitam pekat keluar dari mesin Yamaha R15. Setelah dibersihkan menggunakan kompresor agar semua oli keluar, lubang pembuangan pun ditutup dan oli Shell Advance Ultra dituangkan kedalam blok mesin. 

Setelah oli diganti
10 menit ganti oli beres, lalu acr membayar oli tersebut dengan harga 165ribu, cukup mahal atau mungkin sangat mahal, hehehe tapi sesuai dengan kualitas oli tersebut. Sembari beristirahat, acr memperhatikan teman acr bernama bro Abie yang kebetulan juga disana sedang berusaha keras mencabuti paku yang tertancap di ban CBR 250R miliknya. 

Setelah semua dirasa cukup, akhirnya acr bergegas meinggalkan bengkel karena akan membeli keperluan pribadi. Acr menghampiri moni,memutar kunci kontak dan stater.. Brrrr... suara mesin sangat halus, digeber posisi netral sampai RPM 8000 pun getaran masih terasa halus. Keesokan harinya setelah motor dipanaskan,  ketika acr akan berangkat kerja melewati jalan-jalan di perumahan gigi 1 terasa lebih panjang, gigi 2 dan 3 pun terasa demikian, mungkin ini yang dimaksud embel2 "dengarkan tarikannya" hehehe.. Untuk jarak jauh acr belum pernah mencobanya, rencana besok pagi acr akan pulang ke kampung yang jaraknya kurang lebih 90km, doakan agar selamat brosis. Sekian dari ACR

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...