Wednesday, July 10, 2013

Tips Memodifikasi Kawasaki Ninja 250R dan 250Fi Minimalis

Sahabat ACR, pastinya udah pada tahu kan Kawasaki Ninja 250R dan Ninja 250Fi yang sudah menggunakan Injeksi. Barangkali sahabat ACR memiliki salah satu atau bahkan kedua dari motor tersebut, namun masih bingung ingin memodifikasi tapi gak tau apa yang harus dimodif, namun dengan biaya sekecil-kecilnya. hehe.
Sekarang ACR akan berbagi tips memodifikasi Kawasaki Ninja 250R/Fi secara minimalis, ya namanya juga Ninja, pasti harus merogok kocek sedikit dalam, karena harga part modifikasi pasti lumayan mahal.

Pertama adalah knalpot freeflow, banyak knalpot yang beredar di pasaran, mulai yang paling murah hingga yang paling mahal, bahkan juga ada beredar yang palsu.! Aduuh, kalo sudah gini pasti bikin galau ya? Knalpot yang umum digunakan pada Ninja 250 adalah Yoshimura atau Akrapovic, namun masih banyak juga merek yang lainnya.

Kisaran untuk harga knalpot ini adalah 5jutaan untuk yang slip on dan 7jutaan untuk yang full system. Ini untuk yang original USA ya. Kualitas, suara dan ketahanan sudah pasti terjamin, namun jika ingin menekan pengeluaran, bisa juga menggunakan knalpot custom yang dibuat di dalam negeri, namun kualitas belum bisa terjamin. Knalpot custom untuk ninja berkisar antara 900rb-2juta tergantung merk, kerumitan dan bahan yang digunakan.




Kedua adalah undertail, undrtail adalah body bagian belakang bawah motor, memasang undertail akan membuat motor Sahabat ACR menjadi terlihat "nungging", namun kelemahan dari undertail adalah ketika hujan air akan nyiprat ke pengendara di belakang, kan kasian tuh, hehe. Ada juga rider 4L@Y yang memasang undertail tanpa menggunakan plat nomor belakang. prilaku sangat tidak disarankan.

Lihat gambar disamping, seperti itulah wujud undertail. Kisaran harganya antara 200rb hingga 500rb tergantung bahan dan model. Disarankan untuk tetap menggunakan lampu sein (biasanya lampu dari paket undertail langsung berisi sein) dan plat nomor belakang. 










Ketiga adalah V-grill, yaitu adalah pelindung bawah fairing untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke bagian bawah fairing. 

Seperti gambar di samping, v-grill dapat melindungi leher knalpot dan bagian bawah fairing dari kotoran yang terangkat oleh roda depan. Harganya mulai dari 70rb hingga 150rb.






Keempat adalah cover arm atau rear hugger cover, yang berfungsi untuk meminimalisir lumpur atau kotoran yang mengenai shockbreaker akibat terangkat oleh roda belakang, selain itu juga untuk mempercantik bagian kaki-kaki motor. 

Terlihat seperti mengganti arm, namun sebenarnya hanya cover. Dengan harga 350rb, sahabat ACR sudah bisa memiliki cover arm. Tersedia dalam berbagai varian bentuk.











Kelima adalah sein tempel led, yaitu sein yang menempel pada bagian samping fairing. Membuat Ninja makin terlihat sexy, namun kekurangannya dari beberapa sudut, sein ini tidak terlihat oleh pengendara lain.

Sein tempel pada umumnya berbentuk segitiga, harganya tak lebih dari 100rb.













Sekian yang ACR sampaikan, dengan menggunakan part variasi seperti ACR sebut diatas, sudah bisa membuat Ninja 250 sahabat ACR menjadi lebih sangar dan keren. Jika sahabat ACR memiliki budget yang lebih, mungkin bisa menambah aksesori seperti velg lebar, upside down, handle grip, single seat lapu projektor, cutting stiker dan lain sebagainya. terimakasih ^^

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...